Menu Makanan Khas Balikpapan

Kepopuleran Menu Makanan Khas Balikpapan

Menu makanan ciri khas Balikpapan sendiri lumayan banyak disukai oleh beberapa pelancong yang berkunjung ke kota ini.

Balikpapan adalah kota maju yang berada di Kalimantan Timur yang diikuti dengan adanya banyak industri yang bekerja di sini.

Menu Makanan Khas Balikpapan

Balikpapan mendapatkan juluklan “kota minyak” karena di sini ada kilang minyak yang besar. Dibanding dengan beberapa kota yang lain berada di Indonesia, ongkos hidup di Balikpapan tinggi sekali.

Baca Juga: Kalimantan Barat Penghasil Makanan Khas Enak

Bila kebenaran Anda sekarang ini lagi ada di kota minyak ini, janganlah lupa beli oleh-oleh selaku oleh-olehan. Makanan ciri khas Balikpapan yang dapat Anda buat jadi oleh-oleh dengan rasa yang nikmat adalah

Keripik Iron

Di kelompok pelancong, kripik iron kelihatannya kurang akrab. Tetapi bila Anda mengantarnya pulang selaku oleh-olehan, ditanggung tagih. Sebab camilan yang ini rasanya sudah tentu nikmat dan mengunggah hasrat. Apakah itu keripik iron? Pasti Anda kenal dengan keripik singkong.

Ya, keripik iron ini ialah keripik yang dibuat dari singkong opsi yang dari Waktu direbus atau dimasak, tidak seperti singkong biasanya yang berbeda lunak, tetapi singkong bahan landasan keripik iron benar-benar keras. Dan, saat jadi keripik, rasanya benar-benar gurih dan renyah. Benar-benar, keripik iron recommended sekali untuk pencinta camilan crunchy.

Roti Mantau

Breakfast ciri khas Balikpapan sama dengan roti mantau selaku makanannya. Ya, roti mantau ialah roti yang umum digunakan makan pagi. Rasanya renyah di luar sebab langkah penyuguhannya ialah dengan dimasak. Adapun dalamnya berasa halus dan nikmat. Anda dapat gunakan roti mantau ini selaku rekan makan pagi yang nikmat dengan dicocol sauce balado atau sauce lada hitam.

Makin lebih nikmat kembali bila roti ini dihidangkan dengan pengiring daging kambing atau daging sapi dengan rasa yang nikmat. Harga rotinya sudah tentu benar-benar dapat dijangkau, cukup 2.000 rupiah saja per potong.

Abon kepiting

Pencinta abon harus coba oleh-olehan ciri khas Balikpapan yang ini. Umumnya, pada tempat lain, tipe abon yang dipasarkan ialah abon daging ayam, daging kambing, dan daging sapi. Nah, di Balikpapan, Anda akan disuguhi dengan menu abon spesial bernama abon kepiting.

Abon ini tentu saja dibuat berbahan daging kepiting fresh sebagai keunikan oleh-oleh dari Balikpapan. Abon kepiting ada dalam bermacam ukuran paket di mana paketannya berbentuk plastic terbuka.

Harga abon kepiting cukup dapat dijangkau dan pas bila Anda buat jadi oleh-oleh saat sebelum tinggalkan kota minyak Balikpapan.

Peyek Kepiting

Apa Anda fans peyek dan sekalian pencinta olahan kepiting? Di Balikpapan, Anda akan mendapati makanan ciri khas berbentuk peyek kepiting yang renyah, gurih, dan nikmat. Memang, hasil laut paling besar di Balikpapan ialah kepiting.

Daging kepiting berasa nikmat waktu dibuat jadi peyek plus tambahan bumbu yang tingkatkan cita-rasa peyek dan memberi kekhasan tertentu.

Amplang

Makanan ciri khas Balikpapan yang setelah itu amplang. Tidak dipungkiri kembali jika amplang ialah makanan ciri khas yang selalu dikangenin dan jadi sasaran oleh-olehan khusus. Sebagian besar orang mencintai krupuk ikan, tetapi yang menjadi keunikan krupuk ikan asal Balikpapan ialah bahan ikannya yang terbuaat dari ikan belida.

Ikan ini ialah ikan yang jarang-jarang dijumpai pada tempat lain dengan rasanya yang nikmat mengagumkan. ikan belida secara struktur halus dan rasanya juga renyah. Kelebihan yang lain ialah, kecuali rasanya yang nikmat, Anda dapat pilih bermacam variasi rasa dari krupuk amplang yang ini. Masih sangsi bawa oleh-olehan krupuk amplang? Ditanggung tagih!

Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde di Balikpapan ialah onde-onde yang spesial. Umumnya, onde-onde dibuat berbahan landasan tepung dengan isi kacang hijau dan taburan wijen, Anda akan mendapati onde-onde variasi lain di Balikpapan.

Onde-onde ini dibuat berbahan landasan ubi ungu. Sama seperti yang kita tahu jika ubi ungu ialah tipe ubi-ubian yang kaya vitamin A yang bagus untuk badan. Didalamnya juga bermacam, dimulai dari kacang hijau, keju, coklat, keju sampai rasa orisinal ubi ungu. Dan, yang membuat makanan ciri khas Balikpapan ini lebih spesial kembali ialah wijen yang digunakan ialah wijen hitam yang makin percantik penampilan ubi ungu.

Bingka Kentang

Dahulu, makanan bingka ialah makanan ciri khas Balikpapan yang cuman ada di saat bulan puasa saja, tetapi saat ini tak lagi. Anda dapat dapatkan makanan ciri khas bingka kentang tiap hari. Bingka ialah makanan ciri khas Medan yang ditemui di kota Balikpapan.

Yang memikat ialah, makanan ini berupa mahkota bunga yang memikat, harga juga cukup dapat dijangkau. Teskturnya demikian lumer di lidah dan yang jelas sehat, sebab bahan dasarnya ialah kentang.

Menu Makanan Khas Balikpapan Bakpia

Berbahan memang hampir sama. Tetapi, ada yang lain dari bakpia Balikpapan ini, yakni dari sisi teksturrnya yang halus dan wewangiannya yang unik.

Waktu digigit sudah tentu berasa legit. Bakpia ialah makanan yang dapat bertahan lumayan lama hingga pas jadi oleh-olehan.

Nasi bakar seafood Menu Makanan Khas Balikpapan

Makanan ciri khas Balikpapan yang setelah itu nasi bakar seafood. Sama seperti yang disentil dari muka jika Balikpapan kaya hasil lautnya. Salah satunya olahan yang cukup memikat lidah ialah nasi bakar seafood.

Dalam nasi yang terbungkus ringkas ini, ada olahan ikan, kepiting, dan udang dengan bumbu yang tingkatkan cita-rasanya. Cukup ringkas karena Anda tak perlu kembali bawa lauk secara terpisah. Dampak bakar-bakarnya memberi wewangian wangi yang unik.

Pisang Gapit

Seterusnya, camilan yang selalau dikangenin ialah pisang gapit asal Balikpapan. Dibuat berbahan landasan pisang gepok yang dibakar di atas arang sampai 1/2 masak. Kemudian, pisang itu akan digapit dengan kayu lalu dibakar kembali sampai masak.

Bubur Gunting

Bubur gunting, unik sekali nama dari makanan ciri khas Balikpapan yang ini. Pada intinya, tidak ada suatu hal yang spesial dari bubur ini. Namun, proses pembikinannya memang digunting. Bahan dasarnya ialah tepung ketan, yang digabung dengan garam, air daun suji, dan air kapur sirih.

Seterusnya, adonan itu dibuat atau digunting memanjang lalu ditempatkan dalam rebusan gula merah, garam, dan santan. Rasanya manis dan renyah, pas bila dikonsumsi di saat hangat.

Menu Makanan Khas Balikpapan Mie Hijau

Mie warna hijau yang namanya Mie Hijau ini dapat didapat di Balikpapan. Menu  Mie unik ini dibikin dari sayur sawi yang diproses langsung pada tempat. Ini membuat Mie Hijau berasa lebih fresh.

Ada dua opsi khusus dalam menikmatinya, yakni dengan taburan ayam sedap atau mungkin dengan taburan kepiting yang nikmat. Disamping itu tidak adaya tambahan MSG, pengenyal, dan pengawet membuat struktur mie nya tidak eneg dan berasa fresh pada saat dikonsumsi. Hidangan ini benar-benar pas dikonsumsi pada udara Kota Balikpapan yang relatif panas.

Itulah beberapa makanan khas Balikpapan yang membuat lidah terus bergoyang tidak mau berhenti, jangan lupa untuk membawa oleh oleh tersebut untuk keluarga di rumah.